Selasa, 05 Juni 2018

Restaurant untuk Korean Lovers di Karawang!

Hai haiii… gimana puasanya? Udah masuk hari ke-20 ramadhan ya nggak kerasa. Siang-siang lagi puasa gini enaknya bahas apaan ya? Di saat perut lagi lavaaar, yes, cari menu buat buka puasa gimana? 

I think this will be my first food review in this blog. Sebelumnya paling review buku, tempat, pernah juga film. Kepikiran juga buat review tempat ngopi, nanti deh di next post yaaa, I will post 5 recommended coffee shop in Karawang, hehehe. 

Makanan yang akan saya bahas kali ini adalah makanan Korea. Jadi di Karawang nih, baru dibuka salah satu tempat makan Korea, namanya “Mujigae”. Sebenernya Mujigae ini udah ada dimana-mana, di berbagai kota kayak Jakarta, Bandung, bahkan di Cikarang udah ada. Nah, semingguan kemarin mereka baru buka cabang barunya di Karawang, tepatnya di 2nd floor Mall Karawang Central Plaza (KCP).

As Korean lover, hahaha, pas pertama tau mujigae ada di Karawang w udah napsu banget mau nyoba. Pas di hari kedua atau ketiga setelah opening, sempet ke sana sama temen sekitar jam 18.30an. Dan ternyata kita ada di waiting list nomer 70 sekian, wkwkwk. Bisa kurus deh w kalo nunggu 70 sekian orang itu makan dulu. Akhirnya kita balik kanan dan memutuskan untuk makan di McD plus ronde kedua di Amori Sushi and Ramen. #kuruscumacitacita Hiks!

Nah, weekend kemarin nih, masih penasaran dan nyoba lagi ke sana sekitar jam 16.30 untuk reservasi. Ternyata kita udah ada di urutan 20 sekian hampir 30. But worth to try lah yaaa. Akhirnya kita reservasi dulu, nanti katanya kalo udah deket giliran kita, bakal di sms sama si oppa-nya, cieeee! *keplak pala sendiri

Tadinya kita udah mau menyerah lagi, karena udah jam 18.00 dan belum juga ada sms. Tapi semua tempat makan di KCP antriannya panjang gileee. Mau makan di luar sama aja, jalan juga macet gileee. Akhirnya kita beli minuman dan makanan kecil di mart dulu, setelah itu shalat maghrib di mushala mall itu.

Fortunately, setelah kita beres shalat udah ada sms notifikasi dari Mujigae bahwa sebentar lagi giliran kita. Kalo dalam 10 menit belum ada di sana, antrian bakal di kasih ke orang lain. Whaaa, w langsung buruburu cusss ke sana. Tak kan kubiarkan perjuanganku selama ini sia-sia. #Halah

Di Mujigae Karawang ini spacenya lumayan besar sih. Kayanya cukup buat nampung 50-an orang lebih. Ada satu layar LCD super besar buat muterin music video (MV) k-pops. Kalian juga bisa request mau diputerin MV apa lewat tab yang ada di meja kalian. Selain buat request MV, tab itu juga berfungsi buat order makanan, liat-liat menu, cek bill, dan foto-foto!

Ada lagi 2 layar LCD ukuran sedang, yang di ruang saya lagi on air drama Hwayuki yang pemainnya Lee Seung Gi oppa itu loh. W juga ga nonton sih dramanya, soalnya lebih tertarik ke drama yang kedokteran atau detektif-detektifan gitu. Sedangkan, di ruang sebelah lagi on air variety show Journey to The West, castnya ada Kyuhyun SJ, Minho Winner, Ahn Jae Hyun, dll. Untungnya dapet posisi duduk yang PW jadi bisa liat semua 3 layar LCD itu, walaupun ga focus sih kalo makanan udah ada di depan mata.

Let’s jump to the food. Karena pas lagi bulan puasa, mereka ngeluarin paket khusus Ramadhan gitu. Menu yang tadinya hampir 80an jadi cuma 50an ribu gitu. Kita pesen paket beef ramyun (udah ada oden, kimchi, sama matcha) sama paket spicy bulgogi beef (udah ada nasi, spicy fried chicken, japchae, kimchi, sama matcha).




Beef Ramyun (cr: mujigae.com)


Mari kita pereteli menunya satu-persatu. Dari mulai Ramyun-nya. As you see, ramyunnnya nggak cuma berisi ramyun atau mie doang, tapi juga ada beef, telur, tauge, wortel, dll. Rasanya sih B aja, 7/10 lah.





Oden (cr: mujigae fb)







Odennya lumayan enak. Oden itu semacam adonan ikan plus tepung, bisa disajikan dengan berbagai versi sih. Kalo di korea biasanya ditusuk memanjang kayak sate gitu, terus direbus pake sop kaldu. Atau bisa juga dicampur sama teokboeki ke saus gitu. Tapi kalo di Mujigae, oden ini siajikan kering, ditengahnya aja crab stick. Kalo dinilai 8/10 buat odennya.

Kimchi. Pasti pada tau dong ya side dish yang selalu ada kalo orang korea makan ini. Kimchi terbuat dari sawi putih yang dibumbui terus didiamkan selama beberapa lama untuk difermentasi. Rasanya asem-asem kayak asinan gitu. But, I don’t like it. 5/10 mungkin kalo untuk lidah Indonesia kayak saya.


 
Matcha milk tea + Asuka bean (cr: mujigae fb)




Untuk minumannya nggak ada complain, enak. Ga terlalu manis, ga terlalu pait, semuanya pas. Tanpa asuka bean juga matcha milk tea nya udah enak banget kok. Asuka bean itu teksturnya macem ketan item genk, rasanya juga ga jauh beda deh, jadi lumayan mengenyangkan. Ini tak kasih 9/10 deh.




Atas – kimchi, nasi
Tengah – spicy bulgogi beef, spicy fried chicken
Bawah – japchae (cr: mujigae.com)




Oke, jump in ke menu selanjutnya ya. Nasinya enak, teksturnya pas dan pulen, 10/10 deh hahaha. Penting banget ya nasi dikomenin. Tapi seriusan, nasi tuh bisa menentukan mood makan buat orang Indonesia.

Spicy bulgogi beef sama spicy fried chicken nya juga so-so. Ga kerasa pedes, namanya doang spicy, wkwkwk. Yang suka makanan pedes sih kayanya bakal kecewa. 7/10 from me.  

The last manu, japchae. Japchae ini macem bihun tapi lebih gemuk. Heh, ga boleh bilang gemuk! Agak berisi. Oke. Terus dicampur sama berbagai sayuran gitu. Finishnya oily, manis, dan gurih, masih tak kasih 7/10 deh.



 
(Belajar pake sumpit)



Jadi kesimpulannya....
Recommended ga sih makan di mujigae Karawang?

Tergantung, buat kalian yang Korean lovers, saya sih nyaranin buat at least lo harus nyobain buat makan di sini sekaliiii aja, buat sekedar membunuh rasa penasaran lo. Setidaknya kalian bisa menemukan sebuah oase ambience korea di tengah kota Karawang. 

Makanannya enak-enak ga sih?

In my opinion, overall dari makanan yang saya cobain kemarin sih biasa aja (sorry to say). Tapi mungkin ada menu lain yang lebih enak. Atau mungkin selera lidah situ sama lidah saya beda. Bisa aja kan?

Harganya gimana?

Harganya normal kok, nggak terlalu mahal. Untuk makanan di mall, emang rata-rata sekali makan dikisaran harga 50-70 K kan ya? 

Pelayanannya gimana?

Pelayanannya baik, dan semua karyawan gercep. Makanan juga disajikan ga terlalu lama setelah kita pesan. Ada pelayan yang didandanin pake handbook (pakaian tradisional Korea) juga, wkwkwk. Tapi nggak ada yang mirip Kim Woo Bin masa :(

Tuh kan mulai ngaco. Udah ah!

 


Regards,

@riana_yah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar