Minggu, 18 Maret 2018

Keseruan Bedah Buku dan Film Dilan 1990 di Karawang and QnA about Dilan


Bermula dari beberapa teman yang suka dengan karya Pidi Baiq dan melihat antusias para netizen akan Film Dilan 1990, akhirnya Sahabat Sinema (sebuah event organizer yang baru merintis karirnya di dunia yang hanya senda gurau ini) memutuskan untuk membuat sebuah acara “Bedah Buku dan Film Dilan 1990”. Bekerja sama dengan Gramedia World Karawang sebagai supporter dan Be Radio Karawang sebagai media partner, Alhamdulillah acara sabtu (17/3) kemarin yang bertempat di Gramedia Karawang dapat berjalan lantjar dengan keseruan yang petjah.

Penonton yang datang lebih dari 200 orang

 Acara dimulai jam 9 pagi, dibuka dengan beberapa buah lagu dari OST Dilan, yakni Rindu Sendiri dan Dulu Kita Masih SMA yang dibawakan live oleh Kang Aan Abdurohman (talent Sahabat Sinema yang ketjeh). Dilanjut dengan pemutaran video perkenalan Sahabat Sinema Event Organizer dan pemutaran cuplikan film Dilan 1990. Dan akhirnya Pidi Baiq alias Ayah Surayah naik ke atas panggung dengan diiringi kesenangan yang banyak dari para penonton. Setelah memperkenalkan diri, Ayah langsung membuka sesi pertanyaan. Diantaranya yang saya ingat dan saya rasa perlu kalian untuk ketahui, akan diketik di bawah ini:

- Kenapa sih Yah dari sekian bayak buku Ayah, kok Dilan yang di filmin? Kan ada serial drunken, asbunayah, dll.?

+ Soalnya PH nya mau Dilan dulu yang difilmin. Ya saya mah ikut aja. Orang dia yang punya duitnya, hehe. Lagian dari buku saya yang lainnya, Dilan ini kadar ke-absurd-annya masih sedeng, jadi ini duluan yang difilmin. Yang lainnya kan tingkat ke-absurd-annya udah tingkat tinggi. Jadi itu nanti dulu.
Kayanya sih Ayah mau cek-cek ombak dulu gitu. Kalo Dilan bisa diterima sama masyarakat luas, ga menutup kemungkinan buku Ayah yang lainnya juga akan difilmin. Kebayang kalo serial drunkennya difilmin, pasti studio udah kayak RSJ nanti jadinya :’’)

- Di novel Dilan 1991 kan ada yang latarnya di Karawang, Yah. Nanti bakal ada shooting di Karawang nggak?
+ Iya, ada latar di Karawang karena Ayah Dilan dulu tugas di Karawang. Ada shooting di Karawang nanti, insyaa Allah kalo ada duitnya ya itu juga. Hehehe
Harap bersiap-siap Karawang Karawang....! Teh Celi Teh Celi...! *eh

- Yah, kan banyak yang nanyain tuh kenapa Dilan ga pake helm pas bawa motor?
+ Itu kan tahun 1990, wajib pakai helm itu di tahun 1992. Tapi ya kalo sekarang wajib pakai helm, jangan ngikutin Dilan yang dulu.
Karena Dilan yang dulu bukanlah yang sekarang *paan sih

- Kenapa sih Yah Dilan masuk genk motor?
+ Awalnya mah nggak niat. Dulu kan belum ada gadget kaya sekarang. Kalo mau komunikasi ya harus ketemu. Terus Si Dilan sama temen-temennya suka ketemu, kumpul, main, konvoi pake motor. Terus jadi weh dikasih nama misalkan XTC, Moonraker, Brigez dan semacemnya. Jadi deh genk motor.

- Yah, kan Dilan genk motor, dia pernah nyerang tsanawiyah atau PAUD ga? *pertanyaan absurd >,<
+ Ah, kamu mah aya-aya wae. Setau aku mah, genk motornya Dilan nggak pernah nyerang. Mereka cuma ngebales aja. Jadi nggak pernah duluan nyerang.

- Yah, kan di twitter ada tuh yang pake nama Milea Adnan Hussein, itu Milea beneran bukan sih, Yah?
+ Tau atuh, ya aku mah mau dia asli atau palsu saya balesin aja. Orang twit dari Donald Trump aja suka aku balesin, hehehe.
Jangan heran, ya. 50% jawaban Ayah ga akan dijawab sesuai ekspektasi kamu. Tapi kamu akan tetep seneng dan ketawa dengernya.


Tanya jawab bareng Imam Besar The Panas Dalam

- Jadi Dilan itu siapa sih, Yah? Sampe Ayah bisa nyeritain sedetail itu tentang kisah dia? Keluarga Ayah, kah? Sahabat Ayah, kah? Atau Ayah sendiri, kah?
+ Yaaa... Ga penting lah ya siapa itu Dilan. Toh ga ada faedahnya juga buat kamu kalaupun kamu tau siapa itu Dilan. Yang jelas Dilan itu manusia, bukan malaikat. Pasti Dilan banyak salahnya, jangan ngarepin Dilan kaya Fahri di Ayat-Ayat Cinta, kan beda ya. Yang baik dari Dilan bisa kita ambil dan yang buruk dari Dilan ga usah diikutin, gitu aja. Nanti juga kalo saya kasih tau siapa itu Dilan, imajinasi kalian tentang Dilan jadi terbatas. Dan saya juga kan harus menjaga privasi Dilan demi menghargai orang-orang yang bersama Dilan sekarang.
Iya juga ya. Kalo gue jadi istri Dilan pasti ga nyaman juga kalo orang-orang tau suami gue Dilan terus ditanya-tanya soal mantan pacarnya. huft.

- Yah, katanya nanti abis bikin buku Milea: Suara Dilan 2 terus Ayah mau bikin buku Bundahara?
+ Iya, tapi kayanya sebelum itu bakal bikin buku Anchika dulu. Soalnya orang-orang perlu tau gimana kelanjutan kisah mereka. Kan di situ Dilannya udah kuliah. Apa bakal kaya Milea lagi kisahnya? Atau mereka akan sampai pada pelaminan?
Waah, can’t wait kaan? FYI, Anchika itu pacarnya Dilan setelah Milea. Yang udah baca bukunya Dia adalah Dilanku 1991 dan Milea Suara Dilan pasti paham maksudnya Ayah.

- Yah, gimana sih jadi penulis yang baik?
+ Penulis yang baik mah yang suka traktir aku, hehehe. Nanti kalo mau belajar nulis main aja ke Bandung, ke Jalan Ambon No.8A (lokasi cafenya The Panas Dalam). Nanti bisa ketemu sama aku terus ngobrol-ngobrol tentang tulisan. Sekarang Panas Dalam juga punya publishing, jadi temen-temen yang punya tulisan bisa kita terbitin. Nulis lah kalian-kalian ini makanya, belajar. Lumayan loh kan royaltynya. Kalo bisa tembus satu juta copy, kalian bisa dapet sampai 700 juta. Bisa kerja di rumah lagi, kan enak.
Jadi di acara kemarin itu, Ayah emang banyak ngasih semangat buat kita untuk berkarya. Bikin tulisan, puisi, cerpen, novel, atau apapun itu, terus nanti diterbitin. Ayah ngeyakinin kita bahwa semua orang bisa berkarya. Tinggal maunya aja. Belajar, usaha, dan berdo’a.

Setelah sesi tanya jawab, ada juga sesi nyanyi-nyanyi. Ada salah satu peserta cewek yang beruntung untuk nyanyi ke depan bareng Ayah. Ayah yang gitarin dan dia nyanyi lagu Dulu Kita Masih SMA. Di lagu kedua, Ayah minta satu peserta yang bisa main gitar ke depan, ada salah satu peserta cowok beruntung juga yang ke depan untuk mainin gitar Ayah. Jadi dua peserta beruntung itu bawain lagu kedua, Si Ayahnya liatin aja dari samping panggung sambil ngombol sama kita panitianya, ahahaha.

Selesai bagi-bagi banyak doorprize; dari mulai baju Dilan, buku, slayer, botol minum, sampe boneka doraemon, peserta diarahkan ke ground floor untuk nantinya bisa foto bareng Ayah. Sementara itu, Ayah kita culik dulu ke ruang transit untuk nandatanganin banyak buku Dilan punya penonton, sekalian interview bareng Be Radio Karawang.

Karena banyak penonton yang udah nggak sabar mau foto sama Ayah, kitapun segera ngebawa Ayah ke ground floor. Semua peserta bisa foto bareng Ayah asal mau antri. Setiap 5-6 orang gantian masuk ke teras Cozy Field, meet and greet plus foto bareng Ayah. Alhamdulillah nggak rusuh karena tim panitia bisa kerja sigap dan ada bantuan juga dari bapak security Gramed.

Antrian untuk foto bareng Ayah

Dan akhirnya semua pulang dengan rasa senang dan bahagia; Ayah, penonton, maupun panitianya. Terima kasih untuk Ayah Pidi Baiq, Kang Budi dan Kang Imam (tim menegement Ayah) yang udah mau luangin waktu sibuknya untuk mampir ke Karawang. Terima kasih untuk para penonton yang seru, tertib, dan banyak ketawa. Terima kasih untuk panitia pelaksana; tim Sahabat Sinema yang udah bikin acara ini ada dan banyak orang bahagia.


Sahabat Sinema Event Organizer dan Ayah Pidi Baiq


Sincerely,
Riana Yahya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar