Minggu, 16 April 2017

For my first time... (Trip to Dieng, Wonosobo – Part 1)

Wuaaaah... Udah dua bulan nih blog ga di isi *bentar ya, bersihin dulu sarang laba-labanya*
Sebenernya kangen berlama-lama mantengin laptop buat nulis lagi. Lumayan banyak sebenernya bahan tulisan, tapi kalo lagi santai di rumah, kasur perayu dan kelucuan anak-anak di Superman Returns (korean variety show) itu sangat sulit untuk ditolak. Hahaha.

Okay, sekian pembelaan dirinya. Kali ini saya mau bercerita tentang pengalaman pertama saya naik gunung yang ribuan mdpl, pengalaman pertama saya camping di gunung, pengalaman pertama saya traveling dalam beberapa hari bersama sahabat-sahabat saya. Hampir semua yang saya lakukan di trip kali ini adalah untuk yang pertama kalinya. So, I’m sooooo excited :))

Trip kali ini sebenarnya termasuk dadakan dan tidak diniatkan. Berawal dari celetukan @arstory pas kita lagi kongkow-kongkow, “Tanggal merah long weekend kita mau kemana nih?”. Saya dengan cepatnya menjawab, “Prau kuy!”. Kemudian @mohparman ngontak temennya yang warga asli sana untuk kesediaannya menemani kita selama di sana. Setelah dapet acc, kuy lah beneran kita ke Prau. Yuhuuuuu...!!!

Ngomong-ngomong soal Prau, gunung ini udah ada di wish list tempat yang pengen banget saya kunjungi dari tahun 2015 akhir, gegara liat foto hamparan bunga daisynya di Instagram. Tahun 2016 baru sempat jadi wacana. Dan akhirnya bisa kesampean juga di tahun 2017 ini. Alhamdulillah...

Kita otewe dari Karawang hari jum’at, 24 Maret 2017. Meeting point di @kedai.rir jam 18.00 WIB. Rencananya mau cus habis shalat maghrib karena jadwal bis berangkat jam 7 malam dari terminal Klari - Karawang. Saya langsung ke meepo sepulang ngantor, ga balik dulu ke rumah karena mepet juga waktunya. So, pagi-pagi saya dateng ke kantor dengan daypack 40L yang penuh sesak dan masih ada beberapa jinjingan plastik lagi berisi jaket bulang dan sendal yang ga muat di daypack, juga cemilan-cemilan buat di perjalanan. Pas baru masuk kantor langsung ditanya sama atasan, “Teh Riana mau kemana? Kabur dari rumah?” “Nggak, pak. Kabur dari kenyataan” #eeaaaa xD

Setelah member lengkap jam 18.45 kita cus ke terminal klari dengan tiga motor. Saya, @mohparman, @arstory, @mbaull, dan @dedekurniawati_, Kori (Kori ini adiknya teh Dede dan saya ga tau nama IG nya, hehehe). Sekitar jam setengah 8 kita baru sampai terminal, taulah orang Indo ngaretnya gimana. Semuanya udah resah dan gelisah menunggu di sudut sekolah tempat yang kau janjikan *eh. Alhamdulillah bisnya masih ada walaupun hampir penuh. Alhamdulillah lagi ciwi-ciwi bisa duduk bertiga sederetan setelah me-relokasi mas-mas yang baik hati yang saya lupa namanya tapi ingat dia orang Banjarnegara. Hatur nuhun, Mas! ;)

Bis berangkat dari Karawang jam 8 malam. Dari klari sampai tempat perisitirahatan yang entah dimana itu, kita ciwi-ciwi rame sendiri di bis, bahas apapun dari lagu bung fiersa sampe aktor drama korea, bhuahaha. Tapi setelah dari tempat peristirahatan jam 21.30 -22.00 untuk shalat isya dan ngopi-nyemil, kita mulai lowbat dan tewas tak lama kemudian. Beberapa kali siuman, cuaca di luar hujan petir, katanya ada pohon tumbang dan kecelakaan juga yang lumayan bikin macet. Saya bangun sekitar jam 3 pagi, bis sudah sampai Brebes, menyusuri Tegal, kemudian sampai di Banjarnegara sekitar subuh. Jam 7 pagi Alhamdulillah kita akhirnya sampai di Terminal  Mendolo, Wonosobo.

Terminal masih sepi sewaktu kita menginjakan kaki di sana. Yang paling terasa perbedaannya dari Karawang tentu saja suhu udaranya, sudah mulai dingin-sejuk. Kita langsung bergegas mencari kamar mandi untuk bersih-bersih. Eh nggak deng, kita cari tempat sarapan dulu baru mandi, hahaha.

Jam setengah 10 kita baru meninggalkan terminal. Kenapa lama? karena kita nunggu bis sewaan kita penuh dulu. Di jalan juga kita sempet minta bis berhenti mampir di pasar dulu untuk beli bahan masakan. Rencananya kita mau beresta pora di gunung, hahaha. Udah ngebayangin aja makan sayur sop, sosis goreng, tempe-tahu di cocol sambel. Aaaahh.... *emot ngiler ala wasap*

Tengah hari kita baru sampai Dieng. Kita turun di tugu bertuliskan Dieng itu loh. Iyesss... sambil nunggu Mas Hamdi, temennya @mohparman yang asli Dieng jemput kita, mari foto-foto dulu.


Nggak lama kemudian Mas Hamdi datang. Setelah berkenalan, kita kemudian cus ke rumah kakak Mas Hamdi yang ga jauh dari sana, sekitar 10 menitan jalan kaki. Dateng-dateng kita udah langsung dihidangkan teh hangat dan berbagai macam teman cemilannya. Cuaca dingin emang bikin perut laper terus. Lupakan program diet saat liburan gaesss!

Berhubung di trip kita kali ini ada dua blogger yang suka nulis, sesi obrolan ini tidak mau kami sia-siakan. Tanya teruuuus biar banyak bahan tulisannya, hahaha. Untungnya Mas Hamdi ini orangnya baik dan sabar banget ngadepin kita yang kepo maksimal xD

Awalnya sih obrolan kita masih normal, nanya-nanya soal sejarah Wonosobo. Dan Mas Hamdi dengan keahlian tour giude-nya lancar menceritakan itu semua. Wonosobo berasal dari dua kata, Wono dan Sobo. Wono artinya kebun dan Sobo artinya berkunjung. Jadi Wonosobo berarti kebun yang dikunjungi. Memang sebagian besar mata pencaharian masyarakat di sini adalah berkebun. Kentang, kubis, dan carica, adalah sayur dan buah yang banyak tumbuh di Wonosobo.

Mas Hamdi juga cerita soal tempat-tempat wisata yang ada di Wonosobo. Tapi yang lebih menarik perhatian saya adalah fenomena anak rambut gimbal di Wonosobo. Nah, Mas Hamdi ini salah satu mantan anak gimbal. Sampai sekarang juga tetangga-tetangganya masih memanggilnya dengan Hamdi Gembel (Gimbal).  

Fenomena rambut gimbal di Wonosobo ini dialami oleh anak-anak usia 2-15 tahun. Ketika si rambut gimbal akan tumbuh, anak tersebut akan terserang demam tinggi. Tetapi setelah rambut gimbal tumbuh, demam tersebut akan turun dengan sendirinya. Sebenernya kita sempet ketemu sama anak berambut gimbal pas mau nonton di Dieng Plateau Theater. Kita juga sempet minta foto bareng, biar tulisan saya ini ga dibilang hoax. Tapi apa boleh buat sodara, si anak itu ga mau foto sama kita meski udah diiming-imingi apapun. 

"Adeeeek... Foto bareng yuk sama kakak!"
*anak itu geleng-geleng kepala*
"Nanti kakak beliin susu, mau?"
*geleng lagi*
"Kalo es krim, mau?"
*masih geleng*
"Jajan? Makan? Minum?"
*tetep geleng*
Oke. Melengos sambil kibar-kiber bendera putih. 

Sakit banget ya  ternyata ditolak itu :( Tapi mungkin si adek nggak bermaksud nolak, hanya saja dia nggak ngerti bahasa yang saya gunakan. Karena masyarakat Dieng memakai bahasa jawa sebagai bahasa pengantar sehari-harinya. Pernah saya nanya tempat sampah ke ibunya Mas Hamdi, pakai bahasa Indonesia karena saya sama sekali nggak ngerti bahasa jawa. Eh yang dibawain malah lampu senter. Wkwkwkwk. Apa kabar ya nanti kalo dapet mertua orang jawa? 

Oke, balik lagi ke bahasan rambut gimbal. Rambut gimbal ini harus dicukur sebelum si anak berumur 15 tahun. Kalau nggak, katanya si anak akan mengalami cacat mental. Untuk proses pencukurannya sendiri, nggak sembarangan di tukang cukur asgar atau berber shop, genks! Ada tata caranya sendiri. Kheuseus *ngomongnya harus sambil ngelentikin jari*

Untuk mencukur rambut gimbal ini, harus diadakan upacara ruwatan. Di acara ruwatan ini tetangga sekitar akan di undang untuk membacakan do’a dan shalawatan bersama. Kemudian, satu permintaan si anak akan dikabulkan oleh orang tuanya. Permintaan ini sudah mulai ditanyakan ketika si anak sudah bisa bicara, dan harus dilaksanakan. Orang yang mencukur rambutnya pun harus sesuai dengan request si anak. Kabayang yak kalo si anak mintanya Land Cruiser terus dipotongnya sama Tom Cruise. Hahaha, maunya saya itu mah.

Kalo Mas Hamdi dulu mintanya kambing, so-so lah ya. Ada katanya dulu anak yang permintaannya aneh. Eh maaf ya ga bermaksud jorok, tapi ini beneran kejadian. Kalian tau ga apa permintaan anak itu? Out of the box banget. Si anak minta kentut bapaknya! Wkwkwkwk.

Pusinglah si bapak dibuatnya. Emang simple sih, tapi masalahnya permintaan itu harus dikasih liat ke tamu-tamu yang hadir. Kalo kentut gimana cobaaa? Masa si bapak harus kentut di depan tamu-tamu? Ga sopan banget, kan?! Aseli, kita semua ngakak pas diceritain ini live sama Mas Hamdi. Kepikiran aja lagi tuh bocah kepengenan kayak begituan.

“Terus gimana jadinya?” saya nggak sabar denger ending ceritanya. Mas Hamdi pun nerusin ceritanya. Akhirnya Si Bapak punya ide buat masukin kentutnya ke botol. Pas selesai baca do’a, waktunya ngeluarin permintaan si anak, dan bapaknya keluar dengan sebuah botol kosong. “Nih, di dalemnya udah ada kentut bapak.” Hahahaha. Duh ketawa guling-guling kayaknya kita kalo ada di sana nyaksiin langsung. 

Ga kerasa hari udah mulai beranjak sore. Dalam rundown kita, sehabis dzuhur seharusnya kita sudah mulai otewe Prau. Tapi ternyata hujan saudara-saudara. Yasudahlah kita lanjutkan lagi ngobrol-ngobrolnya sambil nunggu hujan reda. Sampe jam setengah 3an, kita baru berangkat. Sebagian barang-barang kita simpan di rumah kakaknya Mas Hamdi. Jadi yang kita bawa adalah barang-barang yang kita perlukan selama pendakian Prau aja, supaya nggak berat. Di day pack saya cuma ada satu setel baju salin, sleeping bag, sendal, satu botol aqua 2L, satu botol air di tumblr besar, sisanya alat-alat perempuan, hehehe. Semua perlengkapan kelompok ada di carrier cowok-cowok, macam tenda, kompor, dan bahan makanan.

Sampai di basecamp hujan gerimis, langit gelap dan sesekali petir. “Ri, sini dulu deh!” @arstory yang dipanggil @mohparman langsung merapat menuju sumber suara, lalu mereka berdua mojok di belakang basecamp, eh bukan, hahaha. Lalu mereka berdua diskusi tertutup super rahasia ala agen CIA gitu. 

Nggak lama mereka kembali lagi ke kelompok, firasat saya sih udah nggak enak. Udah nebak juga apa yang mereka diskusikan. Dan, yuppp, bener -___-“
“Kita mau lanjut nanjak sekarang? Cuacanya lagi buruk banget. Di perkiraan cuaca bakal hujan angin sampai malem ini, petir juga. Bisa sih kita maksain, tapi resiko ditanggung masing-masing ya..” -@mohparman-
“Kalau sampe badai di atas tuh parah banget sih. Ya kayak yang pernah gue ceritain itu, pas gue ke sini badai dan frame tenda gue ampe patah kena anignnya.” -@arstory-
“Lagian di atas juga nggak bakal dapet apa-apa kalo cuacanya kayak gini. Gimana kalo kita rubah schedule aja. Jadi hari ini kita ke sembungan dulu. Besok pagi sunrise di Sikunir, baru siangnya nanjak.” -@mohparman-

Dan kita akhirnya sepakat untuk ngikutin opsi dari -@mohparman-. Jalan kaki lagi lah kita ke rumah kakaknya Mas Hamdi. Setelah ngeteh (lagi), makan, dan shalat, sehabis maghrib kita otewe ke rumah Mas Hamdi di Sembungan, desa tertinggi di Pulau Jawa.

*dialog ini aslinya pake bahasa jawa, kemudian di translate sama @mbaull*
Kakaknya Mas Hamdi: “Mau naik apa ke rumah?”
Mas Hamdi: “Jalan kaki, mbak.”
Kakaknya Mas Hamdi: “Gila! Jauh loh itu.”
Mas Hamdi: “Nggak lah, paling satu jam”
Kakaknya Mas Hamdi: “Satu jam apaan?!”
Mas Hamdi: “Yaaa... satu setengah jam lah.”

Kalo kata @mohparman yang udah tau kecepatan jalan kita sih, jarak tempuhnya bisa sampe dua jam dari Dieng ini ke Sembungan. Nggak papa lah, itung-itung pemanasan buat nanjak besok, pikir kita. Untungnya, baru sekitar 10 menit jalan, ada mobil yang berhenti.

“Mau kemana, mas mba?”
“Mau ke sembungan, mas.”
“Yuk bareng kita aja. Kita juga sama kok searah mau ke sana.”
Alhamdulillah rejeki anak shaleh. Ga jadi lah kita jalan.
“Tapi mobilnya nggak ada bangkunya, mas.”
“Iya, ga papa, pak. Ini biasanya buat angkut barang ya, pak?” -mohparman-
“Nggak, mas. Ini biasanya buat nyulik orang. Kalian tuh lagi diculik loh ini. Tuh liat mobil ini tuh ga ada jalan keluarnya kalo udah di dalem, jendela juga ga ada. Kalian nggak curiga apa sama kita?”
“Yah pak, kita mah malah kepengen diculik. Culik aku culik aku!” -mbaull-
*ini percakapan asli, nggak dibuat-buat, beneran! Ternyata si bapak satu frekuensi juga koplaknya sama kita :’))

Oh iya, setelah ngobrol-ngobrol, ternyata si bapak adalah tetangga Mas Hamdi juga. Dan ternyata, hoax banget kalo Mas Hamdi bilang jarak tempuh Dieng-Sembungan bisa 1-1,5 jam jalan kaki. 2 jam juga masih hoax. Meskipun jalan aspal tapi tracknya naik turun bukit, belum lagi kanan-kirinya lebih banyak kebun daripada rumah warga, horor juga kalo malem. Beruntung sekali kita berjodoh sama si bapak. Kalo ga ketemu si bapak, besok paginya bisa bisa gagal kita ke Sikunir, udah capek duluan.

Rumah Mas Hamdi ini udah masuk ke dalam kawasan wisata Sikunir. Seharusnya sih kita bayar simaksi untuk masuk, tapi berhubung kita nebeng di mobilnya si bapak yang warga sana, dan ditambah wujud kita pun nggak keliatan kalo dari luar mobil, jadi kita ga bayar deh.

Oh iya, Mas Hamdi sempet cerita soal bagaimana mulanya Sikunir ini dijadikan tempat wisata. Saat sikunir sudah lumayan dilirik para pengunjung, Mas Hamdi dan kawan-kawannya di Karang Taruna mulai mengelola tempat ini. Awalnya, untuk masuk Sikunir hanya ditarik retribusi sebesar Rp 2,000. Seiring waktu, Sikunir semakin dikenal banyak orang dan jadi ngehitz. Kemudian pengelolaan juga ditangani oleh Perhutani dan retribusi naik menjadi Rp 5,000. Retribusi tersebut dibagi sekian persen untuk Perhutani, LMPH, Karang Taruna, dan masyarakat setempat.

Selain aktif sebagai tour guide (kalian bisa buka website milik Mas Hamdi http://wisatadiengsikunir.com/ untuk dapat mengeksplor Dieng with this humorist and nice guy, dijamin seru!), Mas Hamdi juga aktif di POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata). Kalian pasti pernah denger Dieng Festival, kan? Iya, festival budaya khas Dieng yang diantara acaranya adalah kirab rambut gimbal dan pelepasan lampion. Nah, awal mula ide dan penyelengga Dieng Fest ini adalah dari POKDARWIS, yang didampingi Pemdes dan dibawahi Perhutani. 

Ok, balik ke rumah Mas Hamdi. Di sana kita dikenalin sama temen-temen sekitar rumahnya, ada 3 orang cowok-cowok dan sekarang saya udah lupa lagi nama ketiga-tiganya, hahaha. Ini ingatan jangka pendek banget dah, nggak papa lah ya asalkan nanti sama kamunya jangka panjang. Eh, fokus.

Mas Hamdi sengaja ngundang temen-temennya itu, soalnya pas kita main ke rumahnya ada gitar, rubik, sama PS.
*saya lirik gitar*
“Mas, ayolah ngegitar, kita nyanyi-nyanyian bareng-bareng.”
“Saya nggak jago ngegitar mbak, nanti ada teman saya yang jago.”
*wulan lirik rubik*
“Mas, ajarin main rubik!”
“Boleh, mbak. Tapi ada temen saya yang jago banget, cuma dua menitan.”
*teh dede lirik PS*
“Wah, asik nih ada PS!”
“Bisa main PS mbak? ayo saya temenin. Biasanya main sama temen-temen saya juga di sini.”
Dan diundanglah temen-temennya yang jago gitar, rubik, dan PS itu ke rumahnya untuk nemenin kita. The best emang tuh orang cara memuliakan tamunya. Salute!

Dan malam itu kita habiskan dengan nyanyi-nyanyi bareng, belajar rubik (@mbaull sama @arstrory doang sih yg belajar sampe tamat), dan main PS. Sampe lumayan larut, ciwi-ciwi baru masuk kamar jam 12an, dan cowok-cowok masih lanjut begadang sampe jam 2an. Alhasil pada susah lah dibangunin besok paginya, pffftttt... Padahal sesuai rencana dan kesepakatan sebelumnya, kita mau ngejar sunrise di Sikunir. Ini udah adzan subuh masih pada selimutan cobaaaa...

*Bersambung ke part selanjutnya kapan-kapan :P


Sincerely,
Riana Yahya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar