Senin, 11 Januari 2016

Catatan Perjalanan IV: Mendaki Gunung Lembu

Akhirnya trip ke Gunung Lembu bisa terealisasi di ahad kedua tahun 2016 ini. Tidak banyak persiapan, jum’at sore baru ditelepon teman untuk ngejadiin rencana yang tertunda ahad kemarin karena alasan cuaca. Boleh juga, pikir saya, kan udah seminggu  nggak turun ujan (di rumah saya). Udah kering kali ya track-nya, udah nggak licin lagi. Langsung lah saya memobilisasi masa. “Rayu” sana-sini biar semua ikut.  Duh.. ini mah bukan gunung, cuma bukit teletubbies doang, haha. Dua jam juga sampe. Tanjakannya di awal doang, kok. Gunung lembu mah landai.. Begitu kira-kira. Dan terkumpullah 6 orang pendaki yang bakal menaklukan Gunung Lembu, including saya.


Sebelumnya saya kenalin dulu lah ya genk kece yang ikut trip ini. Ada saya (kenal, kan? Eh :D), Lela (kerudung merah), Dewi (kerudung item), Deden (baju abu-merah) , Zulfan (cowok kacamata), dan Rizma (sisanya, haha). Kami udah temenan sejak SMP dulu, 10 tahun yang lalu kira-kira, jadi udah tau lah ya busuk-busuk nya :))

Genk Kece at Starting Point

Kami start sekitar jam 7 pagi dari rumah saya di perbatasan Karawang-Bekasi. Perjalanan  naik motor hingga pos jaga Gunung Lembu di Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam. Lumayan pegel-pegel sih, makanya kami istirahat dulu sebentar di pos jaga pas sampe, nggak langsung nanjak. Oh iya, perwakilan dari tiap kelompok pendaki harus registrasi di pos jaga ini. Ada WC umum sama warung juga di sini. Sedikit tips, di atas nggak ada WC umum, jadi mending buang dulu yang harus dibuang di pos jaga ini. Dari pada nanti harus melipir ke semak-semak, kan ribet. Kalo warung, di pos 1 sama di puncak juga ada, jadi nggak perlu nyetok (kata dasarnya stock, diberi imbuhan nye- dan entah bagaimana berakhir jadi kata itu xD) air banyak-banyak dari bawah, berat.

Setelah berleha-leha di pos jaga, kami mulai nanjak sekitar jam 10. Welcome to the jungle! Haha. Baru lima menit nanjak aja Dewi sama Lela udah hah-heh-hoh.  Baru tiga langkah, istirahat, lima langkah, istirat lagi. Kaki udah lemes, muka udah pada pucet. Jadi lah saya yang di bully, “Oh... gini ya bukit teletubbies?!” Aaaak.. mati deh saya XD

Saya juga sebenernya capek, lumayan banget tanjakannya non-stop. Padahal terakhir kali “olah raga” itu pas trip ke Curug Cigentis ahad lalu, setelah itu absen terus lari pagi bareng papah. But, in the other side, saya juga harus memotivasi yang lain biar tetep semangat, terutama yang cewek-cewek (kalo cowok-cowoknya mah lumayan well-built lah.. Deden udah beberapa kali naik gunung, Rizma lulusan olah raga, Zulfan sering nge-gym dulunya). Jadi pas perjalanan nanjak saya hampir selalu ada di barisan paling depan (padahal biasanya saya selalu di barisan ke-2 paling belakang, pas ke Curug Lalay dan Cigentis pun begitu, saking payahnya saya).

Untuk sampai pos 1 aja, kami hampir menghabiskan waktu sejam, itu paling jalannya cuma 15 menit, 45 menit sisanya dipake buat istirahat. Kita nyantai banget emang. Pelan-pelan asal sampai (saya nggak tau kalimat asli yang bahasa jawanya gimana, alon-alon asal klakon, kah?). Nikmatin aja semua prosesnya. Kebersamaannya. Bully-bullyannya.

Track menanjak non-stop dari start sampai pos 2

Setelah pos 1 kirain tracknya udah mulai datar, karena dari blog yang saya baca soal Lembu, track nanjak yang lumayan curam (sekitar 45 derajat) itu cuma di 40 menit awal. Tapi ternyata... penderitaan belum berakhir. Kena bully lagi deh saya, “Wah... tanjakannya cuma di awal doang kan, ya? Di depan udah mulai datar kan ya?!” Aaaak.. padahal sejauh mata memandang masih tanjakan semua di depan XD

Tapi dari pos 1 ke pos 2 meski tracknya sama-sama nanjak, tapi terasa lebih ringan kok dibanding perjalanan dari start ke pos 1. Entah tracknya yang emang lebih pendek, atau karena fisik kita yang udah terbiasa. Udah nggak kaget lah istilahnya. Oh iya, di beberapa tanjakan yang curam “agak” sekali, sudah disediakan webing untuk ngebantu pendaki naik.

Webing untuk membantu para pendaki naik

Alhamdulillah, setelah ngelewatin pos 2, track udah mulai datar. Capek karena tanjakan-tanjakan tadi udah mulai hilang. Tapi tetep harus fokus ya, soalnya ada beberapa track setapak yang sisinya langsung jurang.

Watch your step!

Di jalan kami sempet papasan sama serombongan anak SD yang udah mau turun. Ngeliat mereka yang terus jalan tanpa ngeluh, bikin saya maluuu.. banget, tuh anak SD aja kuat, masa lu nggak? Belum lagi papasan sama cewek-cewek yang nenteng carrier segede gaban. Padahal saya cuma bawa tas gemblok yang isinya cuma air sebotol, jas hujan, sama hp (nasi saya masukin ke tas Rizma soalnya lumayan berat, hehe). Duh, Riana, payah banget sih lu...!! Kapan jadi cewek strong kayak mereka, hah?! Expectation... Reality... Masih jauh banget XD


Jam 12 tepat kami sampai di Batu Lembu, destinasi utama kami. Wajah genk kece yang tadinya udah pada lemah, lesu, lunglai, langsung ceria lagi pas liat view yang tersaji dari atas Gunung Lembu. Waduk Jatiluhur, keramba-keramba yang mengapung di permukaannya, dan pulau-pulau kecilnya. Gunung-gunung tetangga, Parang, Bongkok, dan banyak lagi yang belum ternamai. Kota Purwakarta nan bak miniatur maket waktu Studio Tapak pas kuliah tingkat tiga. Wah... kebayar semua perjuangan nanjak selama 2 jam tadi.   

Sampai di puncak Gunung Lembu

Setelah puas foto-foto, kami melipir ke tempat teduh buat buka bekal makanan. Anak-anak cewek udah pada bagi-bagi tugas gitu pas hari sabtu. Lela bawa nugget, telor dadar, sama mie. Dewi juga bawa telor dadar, karena lela cuma punya 2 telor, haha. Saya kebagian bawa nasi dan oreg tempe. Meski dengan lauk sesederhana itu, tapi kalo di makan rame-rame dan pas lagi laper-lapernya, pasti sapu bersih.

Makan bersama

Jam 2 kita mulai turun. Anehnya, Lela yang pas nanjak tadi kepayahan, entah dapet energi dari mana, jadi semangat banget pas turun. Dia selalu ada di barisan paling depan. Berbanding terbalik sama saya. Di perjalanan turun, baru beberapa menit saya udah kepayahan. Kaki udah lemes banget, mungkin tenaganya udah kepake semua buat nanjak tadi. Ditambah tracknya licin, tanahnya lembab gegara hujan kemarin sore (kata penduduk setempat, di Lembu hampir tiap sore ujan akhir-akhir ini). Sebentar-sebantar saya ngedeprok (bahasa planet mana ini?) di tanah, karena dengkul udah nggak kuat nahan pas di turunan. Kalo Dewi tetep istiqamah, perjalanan nanjak sama turun, tetep di urutan paling belakang. Haha. Olah raga makanya, bu bidan! :P

Sekitar jam 4 kita udah sampe pos jaga. Sebenernya mungkin bisa lebih cepet, tapi kami berhenti dulu di warung deket pos 1, makan es campur dan bernostalgila tentang masa-masa SMP dulu. Es campurnya unik, baru kali ini saya nemuin es campur pake tomat. Inovasi baru sepertinya. Sedikit tips, kalo mau mesen es campur, mending satu porsi berdua. Soalnya porsinya banyak banget, mubadzir nanti kalo nggak abis.

Di jalan pulang, sekitar setengah jam berkendara, hujan mulai turun, deras. Kami akhirnya berteduh dulu di warung yang tutup sampai hujan reda. Dari estimasi 18.30 udah sampe rumah, jadi ngaret banget. Jam 19.30 kita baru sampe Karawang, mampir dulu makan malem di Sop Janda supaya pas sampe rumah tinggal bersih-bersih, shalat, dan tidur. 

Bagi saya, trip itu sebenarnya bukan soal kemana, tapi dengan siapa. Dengan anak-anak ini, anak-anak kacau, eh, kece ini, trip kali ini jadi begitu menyenangkan. Sepuluh tahun tentu bukan waktu yang sebentar. Mereka tahu bandel-bandelnya saya, buruk-buruknya saya, masa-masa jahiliyahnya saya. Haha :)) Mereka tau proses metamorfosis saya selama sepuluh tahun ini sampai jadi seorang Riana yang sekarang. Banyak orang hanya tau Riana yang dulu, sehingga yang disimpannya hanya memori yang buruk tentang saya. Beberapa hanya tau Riana yang sekarang, sehingga yang disimpannya hanya memori yang “bisa dibilang lumayan baik” tentang saya. Tapi mereka, anak-anak ini, tau history saya. Saya yang dulu begitu dan sekarang begini. Dan yang lebih penting, mereka menerima perubahan saya itu. Tanpa ada satupun yang nyinyir, ngapain sih na ribet-ribet naik gunung pake rok?  Tanpa ada satupun yang dongkol pas uluran tangannya untuk ngebantu saya naik atau turun di tempat-tempat bahaya dan curam malah saya tolak. You’re rock, guys!! :)

Kalian luar biasaaa!!


Sincerely,
Riana. 

2 komentar:

  1. cakep:)
    teteh belum ke Lembu nih..

    BalasHapus
  2. Cepet, teh. 2 jam sampe. Mungkin bagi yg udah biasa naik gunung mah 1,5 jam jg sampe. Treknya juga cemen lah klo yg udah biasa naik gunung kayak teteh mah :P :))

    BalasHapus